Friday, January 30, 2015

Permasalahan Terkait Dengan Perindustrian : Limbah


Dampak Pencemaran Air Bersih dari Limbah Domestik dan Industri Sedot WC

Meski tinggal di negeri yang kaya akan sumber daya air namun sampai saat ini masih saja beberapa wilayah yang kekurangan persediaan air bersih layak konsumsi. Sangat disayangkan bukan ? Hal seperti ini sebenarnya tak perlu terjadi pada negeri ini namun karena ulah beberapa opnum yang tak bertanggung jawab mengakibatkanterjadinya pencemaran air bersih di wilayah kita.


LINGKUNGAN DAN PERINDUSTRIAN

Permasalahan Terkait Dengan Perindustrian : Limbah

Air merupakan hal yang sangat berharga bagi hidup kita tanpa adanya asupan air yang tubuh akan kekurangan cairan dan aktifitas yang membutuhkan air bersihtidak akan dapat terlaksana seperti mencuci, mandi maupun lainnya.

Beberapa pencemaran air bersih yang sering kali sulit tertangani adalah pencemaran dari limbah rumah tangga / domestik dimana sebagian penduduk membuang limbah rumah tangganya di daerah yang rawan seperti sungai, maupun saluran air.
Dampak Pencemaran Air Bersih dari Limbah Domestik dan Industri

Sedang pencemaran akibat membuangan limbah industri yang tak ramah lingkungan dari pabrik – pabrik juga sering kali menjadi penyebab utama sumber air di sekitar lokasi menjadi tercemar. Air bersih menjadi terkontaminasi dengan zat kimia tertentu yang menyebabkan air tersebut tak layak untuk dikonsumsi.

Biasanya aktifitas pembuangan limbah industri dilakukan secara diam – diam pada waktu malam hari sehingga pemerintah sendiri sangat sulit mencari siapa dalang dari penyebar polutan air di wilayah sekitar apakah pabrik A, pabrik B atau keduanya ?!
Beberapa dampak pencemaran air bersih dari limbah domestik dan industri :

Kualitas air menurun
Air yang mengalami pencemaran akibat sampah organik akan memiliki kandungan oksigen yang rendah sehingga dari sini kita bisa tahu bahwa kualitas air menjadi menurun. Hal ini disebabkan oleh bakteri pembusuk yang menghabiskan sebagian besar oksigen untuk proses pembusukan sampah tersebut.

Tumbuhnya kuman penyakit
Banyaknya kontaminasi yang terjadi akibat limbah domastik maupun limbah indusktri yang dibuang sembarangan dapat memunculkan penyakit seperti disentri, penyakit kulit, mutaber dan sejenisnya yang sifatnya mudah sekali menular.

Air tak layak konsumsi
Dari pencemaran yang terjadi akibat limbah rumah tangga / domestik maupun limbah industri akan membuat air sungai dan sumber air di lokasi sekitar menjadi tak layak digunakan. Ini disebabkan karena limbah tersebut telah menyatu dengan air bersih sehingga perlu penanganan khusus supaya air ditempat sekitar dapat dikonsumsi kembali sebagai air minum, air mandi, air cuci maupun air mengolah makanan.

Suplai air berkurang
Untuk sungai yang tercemar biasanya pendangkalan sungai akan terjadi. Hal ini disebabkan oleh limbah industry yang membusuk menjadi masalah utama dalam pendangkalan air sungai sehingga suplai air pun di lokasi pencemaran menjadi berkurang drastis.

Menyebabkan banjir

Sungai yang diisi oleh banyak sampah organik maupun anorganik yang tidka dapat dibusukkan oleh bakteri pembusuk dapat menyumbat aliran air sehingga bila air pada lokasi tertentu terhambat maka dapat memuntahkan air sungai di lokasi tersebut sehingga bencana banjir tak dapat dielakan.

REFERENSI

No comments:

Post a Comment