Friday, January 30, 2015

BAHAYA HEROIN

Menkonsumsi obat tanpa anjuran dokter memang sangat berisiko, apalagi jika kadar yang digunakan tak sesuai dengan kondisi tubuh maka efek yang bisa ditimbulkan pun cukup fatal. Penyalah gunaan obat membuat orang bukan makin sehat malah semakin sakit. Apalagi penyalahgunaan tersebut dilakukan kepada narkoba.

Salah satu jenis narkoba yang sangat mematikan adalah jenis heroin. Biasanya berupa serbuk halus putih dan cara konsumsinya pun bisa dihisap maupun disuntikkan ke dalam tubuh. Dan jika narkoba jenis ini sudah menyatu di dalam tubuh dengan kadar yangoverdosis, maka pengkonsumsi akan mengalami beberapa gangguan yang bisa berujung pada kematian.

Dilansir dari Magforwoman bahwa penderita ketergantungan narkoba jenis heroin bisa sangat membahayakan bagi siapapun, bukan hanya kepada diri sendiri melainkan kepada orang-orang sekitar. Lalu apa dampak yang bisa ditimbulkan dari orang yang telah menkonsumsi heroin ini, berikut adalah beberapa ulasannya :
1. Terinfeksi HIV
Para pengguna naroba jenis heroin ini akan sangat rentan terhadap serangan penularan penyakit HIV/AIDS. Penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya itu pun akan sangat mudah menular dari pengguna satu ke pengguna lainnya karena rata-rata para konsumen heroin lebih banyak menggunkana satu jarum dan alat suntik yang sama untuk menikmati narkoba jenis ini. 
Pertukaran jarum suntik antara pengguna satu dengan pengguna lain inilah yang bisa memicu bertumbuhnya angka penderita HIV terlebih lagi salah satu anggota pemakai jarum suntik yang sama ada yang benar-benar terjangkit penyakit mematikan ini.
2. Perubahan Sifat dan Sikap yang Radikal
Sulit mendapatkan obat dan mengalami sakaw membuat para pecandu atau pengguna lebih memilih melakukan apapun demi mendapatkan obat-obatan tersebut. Mereka bisa melakukan hal-hal yang diluar batas kewajaran seperti merampok, mencuri, membunuh, hingga yang lainnya demi mendapatkan heroin.
Hal ini yang akan sangat membahayakan bagi sekelilingnya. Bahkan para pengguna atau pecandu ini tidak menyadari apa yang sebenarnya telah mereka perbuat karena mereka telah mengalami lose control pada diri.
3. Kerusakan Otak
Heroin adalah salah satu zat yang mampu melemahkan sel otak. Narkoba jenis ini akan melakukan tugasnya sebagai korosif dan secara perlahan namun pasti organ-organ dalam otak akan hancur. Akibatnya penggunaakan mengalami Pikun, linglung, bahkan tak bisa menyeimbangkan akal. Hal ini pun bisa membahayakan orang-orang sekitar karena bisa jadi sang penderita akan lebih suka lupa diri kepada orang-orang yang ia cintai.
4. Over Dosis
Hal ini pasti akan terjadi. Kebanyakan para pengguna narkoba baik itu jenis heroin atau yang lainnya akan meletakkan kadar yang jauh lebih tinggi dari biasanya atas dasar kepuasan. Padahal tubuh manusia memiliki kadar daya tahan yang berbeda dan terbatas, maka dari itu kebanyakan kita selalu diminta untuk berkonsultasi kepada dokter jika ingin menkonsumsi obat-obatan apapun.
Namun bagi sang pecandu narkoba jenis heroin ini enggan untuk memperdulikan hal tersebut sehingga kadar yang terlampau tinggi mengakibatkan tubuh tak mampu menahan sehingga efek yang ditimbulkan adalah over dosis hingga kematian.
Itulah beberap hal yang bisa diakibatkan dengan mengkonsumsi narkoba jenis heroin. Apakah kalian masih ingin mencoba menggunakan atau masih terus menggunakannya untuk demi kepuasan sesaat. Ingat, mengkonsumsi narkoba jenis apapun sama halnya dengan kalian membeli tiket ke neraka dengan trayek lebih cepat. 
REFERENSI

No comments:

Post a Comment